Selasa, 25 April 2017

"Al-Qur'an" Pertama untuk Si Kecil


Cover buku by ©2017 Nila Fauziyah

Judul Buku : My First al-Qur'an Words: Kata al-Qur'an Pertamaku
Kategori       : Nonfiksi
Penerbit        : Maghfirah Kids
Penyusun      : Syarifah Levi
Cetakan        : Pertama, Maret 2017
Tebal buku   : 20 halaman bergambar
Harga           : Rp 39.000

Menjadikan seorang anak pandai mengaji bukanlah perkara mudah, tidak seperti sulap sim salabim ... anak pandai mengaji seketika. Saya pikir di sinilah peran penting orang tua dalam menerapkan sistem belajar yang sesuai dengan usianya. Mulai dari mengenalkan anak pada huruf hijaiyah, ajarkan cara melafalkannya, kemudian perdengarkan lantunan-lantunan ayat suci al-Qur'an sehingga anak menjadi terbiasa, dan semakin bertambah usia, ajarkan anak membaca iqra, serta bimbing anak dengan buku-buku pendukung lainnya.

Ilustrasi: www.keyword-suggestions.com
Bicara soal buku pendukung, saya menemukan My First al-Qur'an Words: Kata al-Qur'an Pertamaku. First impression, saya pikir buku ini al-Qur'an untuk anak, ternyata bukan. Covernya tebal, tipe hard cover, tapi lembut seperti pelapis pada binder. Gambar pada covernya juga menarik perhatian. Karena memuat ilustrasi kodok dan lebah yang lucu. Judul buku yang "kurus" dan besar dengan latar cover berwarna putih membuat cover ini terasa pas untuk anak-anak tanpa terlihat ramai.

Tapi ternyata bukan hanya cover, kertas bukunya juga tebal. Mengingatkan saya pada buku dongeng anak. Isinya full colour. Setiap halaman menyuguhkan ilustrasi hewan yang lucu-lucu. Sangat memanjakan mata dan tentu saja nyaman untuk dibaca anak-anak.

Satu halaman satu hewan dan pelafalannya diterjemahkan ke dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris. Meski terlihat seperti kamus, anak tetap bisa menemukan potongan-potongan ayat al-Qur'an di dalam buku ini. Karena pada dasarnya, buku ini memang hendak menyajikan kata-kata yang berhubungan dengan al-Qur'an.

Isi buku ©2017 Nila Fauziyah
Letaknya berada di bawah ilustrasi gambar. Kalau diperhatikan, satu potongan ayat al-Qur'an mengacu dan menyesuaikan ilustrasi tiap hewan. Seperti halaman 7 yang memberi ilustrasi hewan unta:
Dan mereka tidak akan masuk surga, sebelum unta masuk ke dalam lubang jarum. (QS al-A`raf [7]: 40)
dan begitu seterusnya.

Mungkin ini kelemahannya. Karena menyesuaikan dengan ilustrasi, potongan ayat al-Qur'an jadi terasa menggantung. Menurut saya, anak bisa tidak menangkap maksud dari potongan ayat-ayat tersebut. Misalnya, pada halaman 7 yang saya sebutkan di atas. Siapa 'mereka' yang dimaksud dalam ayat itu? Kenapa 'mereka tidak akan masuk surga'? Memangnya unta bisa masuk ke lubang jarum?

Tapi yang namanya kelemahan bisa berubah menjadi kelebihan kalau kita pintar-pintar menanganinya. Nah, untuk menghindari kebingungan-kebingungan tersebut, orang tualah yang harus membantu si kecil. Beri penjelasan dan pemahaman, agar potongan ayat yang dibaca oleh anak terserap dengan baik. Dengan sendirinya, dia akan mengingat satu persatu potongan ayat. Lalu, ketika anak mulai bisa mengaji al-Qur'an, dia akan mengenali potongan-potongan ayat yang pernah dia temukan di buku ini.

Oh, iya. Buku ini terdiri dari beberapa serial dan yang saya pegang kebetulan seri Animal.
Animal | Nature | Fruit and Vegetable | Thing | Body 
Cover buku seri NATURE
Karena buku ini baru saja terbit, untuk sementara belum ada di toko buku. Kalau mau beli? Datang saja ke Islamic Book Fair (IBF) 2017. Lokasinya di Jakarta Convention Center (JCC). Mulai tanggal 3-7 Mei 2017. Buku ini akan hadir sekaligus dilaunchingkan di sana bersama buku-buku Islam lainnya. Kalau tinggalnya di luar Jakarta gimana? Tenang ... Setelah launching, buku ini akan mejeng di toko buku.

PS: yang mau titip beli buku ini, bisa tulis di komentar atau kontak ke sini ya 081285663127

9 komentar:

Winni Budianingsih mengatakan...

Sangat bermanfaat kk Nelaaa <3

Blexketek mengatakan...

mayan nih buat adek gue

Ina Fauzani mengatakan...

Nice info gan

Zhinto mengatakan...

Ni buku bagus banget andai dekat dari tempat tinggalku pasti aku pesen ni

Nila Fauziyah mengatakan...

Hai @blexketek: yuk dipesan. Bagus lho isinya

Hai mbak @zhinto: Bisa kok titip ke saya, atau pesan ke penerbitnya langsung. Nggak harus ke IBF :)

Zhinto mengatakan...

jadi berapa tu kalau diantar ke sulsel daerah sukamaju..??

Nila Fauziyah mengatakan...

Mbak @Zhinto bisa minta kontaknya? Biar mudah komunikasinya. Atau bisa hubungin ke nomor 0857 8171 8161 :)

Zhinto mengatakan...

baru nanya aja mbak belum ada uang untuk saat ini :D, tapi nanti kalau lain waktu kalau sy minat pasti sy hubungin lagi tenang aja :)

Nila Fauziyah mengatakan...

Mbak @Zhinto hehe iya nggak apa-apa. Kalau gitu sih mending tunggu masuk toko buku aja. Insyaallah seluruh Indonesia kok. Daripada pesan sekarang dari Jakarta Ke Sulsel gede di ongkir kayaknya. :D

Posting Komentar